Hadapi Lonjakan Pesanan Akhir Tahun, Tokopedia Siapkan Beragam Inovasi
SiberNews, Jakarta – Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, kembali menghadirkan beragam inovasi digital untuk mempersiapkan para penjual menghadapi lonjakan pesanan akhir tahun, antara lain Saldo Prioritas dan Voucher Toko.
Fitur Saldo Prioritas menawarkan pembayaran dana di muka untuk para penjual hanya dengan memasukkan resi pengiriman. Fitur ini merupakan terobosan baru dan yang pertama di dunia e-commerce Indonesia. Inisiatif peluncuran fitur ini didasarkan pada adanya kesenjangan waktu antara penerimaan pesanan dan pemenuhan pesanan oleh penjual.
Voucher Tokopedia (foto istimewa)
Samuel Sentana, Head of
Fintech Tokopedia, mengungkapkan, ”Dengan mendapatkan pembayaran di muka,
penjual bisa menggunakan uang tersebut untuk mempercepat perputaran modal
bisnisnya.”
Adapun Voucher Toko
adalah sebuah fitur yang memfasilitasi penjual membuat kode voucher
promosinya sendiri, misalnya cashback atau potongan ongkos kirim, kepada calon pelanggan maupun pelanggan
setia mereka di Tokopedia.
Garri Juanda, Associate
VP Seller Experience Tokopedia mengatakan, ”Dengan fitur ini, para penjual bisa
menawarkan lebih banyak promosi khusus bagi pelanggan dan menjangkau pembeli
yang masih di luar platform Tokopedia dengan cara menyebarkan voucher toko
mereka di berbagai jejaring sosial, aplikasi chatting, bahkan mencantumkan kode voucher tokonya di flyers atau
di depan kasir toko fisik mereka.”
Manfaat bagi para
penjual
Penjual yang mengajukan
Saldo Prioritas bisa langsung mendapatkan 80 persen dana pembayaran di muka.
Sisa dana akan diterima setelah pembeli mengonfirmasi penerimaan barang. Para
penjual yang membutuhkan arus kas lebih cepat mengaku terbantu dengan kehadiran
fitur baru ini.
“Semenjak ada Saldo
Prioritas, stok barang saya jadi ada terus. Sebelumnya, saya harus menunggu
pembeli sampai konfirmasi pembayaran, baru saya bisa stok lagi. Menunggu
pembeli konfirmasi pembayaran terkadang bisa memakan waktu lama, namun masalah
tersebut sudah terpecahkan sejak ada Saldo Prioritas,” jelas Jajang, pemilik
toko Taman Hijau Daun asal
Jakarta.
Begitu pula dengan Voucher Toko. Sejak diluncurkan awal
November 2018 lalu, fitur ini mendapatkan respon positif dari para penjual
maupun pembeli di Tokopedia. Saat ini, sudah ada lebih dari 30.000 penjual yang
memanfaatkan fitur ini sebagai sarana promosi, salah satunya Azi Fahrurozi,
pemilik Zeitgeist Leather Store.
“Saya mencoba membuat banyak kode voucher promosi. Ternyata
banyak pelanggan yang antusias datang berbelanja di toko saya karena tahu ada
voucher yang saya buat itu,” pungkas Azi. (SN747)